RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MAN 2 KOTA SEMARANG
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : XI / 1 (Ganjil )
Tema/Topik : Teknik Dasar Sepak Bola
Pertemuan : 2 Kali
Pertemuan
Waktu : 3 x 45 Menit
A.
Kompetensi Inti
KI 1
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan Menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan Kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait Dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pembelajaran
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pembelajaran
|
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak
dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
|
1.1.1. Menggunakan tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai dengan bermain permainan sepakbola.
|
1.2 Tumbuhnya kesadaran
bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
|
1.2.1.Memelihara dan membina tubuh sebagai wujud syukur kepada sang
Pencipta dengan bermain permainan sepakbola.
|
2.1. Berperilaku sportif
dalam bermain.
|
2.1.1. Menunjukkan perilaku sportif dalam permainan sepakbola.
|
2.2. Bertanggung jawab
terhadap keselamatan dan kemajuan diri
sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
|
2.2.1. Menunjukkan perilaku bertanggung awab terhadap tugas yang diberikan dalam permainan sepakbola.
2.2.2. Menunjukkan perilaku bertanggungjawab terhadap pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran permainan sepakbola.
|
2.3. Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
|
2.3.1. Menunjukkan perilaku santun selama
bermain permainan sepakbola.
|
2.4. Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai
aktivitas fisik.
|
2.4.1. Menunjukkan perilaku bekerjasama selama melakukan aktivitas bermain permainan sepakbola.
|
2.5.Toleransi
dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
|
2.5.1. Menunjukkan perilakutoleransi selama
bermain permainan sepakbola.
|
2.6.Disiplin selama
melakukan berbagai aktivitas fisik.
|
2.6.1. Menunjukkan perilaku disiplin selama
melakukan aktivitas bermain permainan sepakbola.
|
2.7.Menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.
|
2.7.1. Menunjukkan perilaku sadar diri saat
menerima kekalahan dalam permainan sepakbola.
2.7.2. Menunjukkan perilaku tidak berlebihan
saat menang dalam permainan sepakbola.
|
3.1. Menganalisis dan mengkategorikan keterampilan gerak salah satu permainan bola besar
serta menyusun rencana perbaikan.
|
3.1.1. Menganalisis kategori keterampilan gerak dalam permainan sepakbola.
|
4.1. Mempraktikkan perbaikan keterampilan salah satu permainan bola
besarsesuai hasil analisis dan kategorisasi.
|
4.1.1. Mempraktikkan perbaikan kesalahan gerak dalam permainan sepakbola.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, peserta
didik diharapkan mampu :
1. Memiliki kesadaran tentang arti penting merawat
tubuh sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2. Menunjukkan perilaku bertanggungjawab terhadap
pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran permainan sepakbola.
3. Menunjukkan
perilaku santun dan
toleransi selama bermain
permainan sepakbola.
4. Menganalisis dan mempraktikkan keterampilan gerak
permainan sepak bola dengan menunjukkan nilai sportivitas, kerjasama, dan
disiplin.
D. Materi
Pembelajaran :
·
Latihan
dasar passing
a)
Passing bola dengan kaki bagian dalam
Kaki
tumpu berada di samping bola
o
Menganalisis variasi dan kombinasi
keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan
koordinasi gerak yang baik
o
Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan
salah satu permainan bola besar dengan koordinasi gerak yang
baik
Lutut
ditekuk sedikit
Kaki
diputar ke luar pada pangkal paha membentuk sudut 90 derajat
Pergelangan
kaki yang akan menendang dikencangkan
Bagian
dalam kaki tepat mengenai pertengahan bola lalu kaki tendang bergerak lurus searah bola.
b)
Passing bola dengan kaki bagian luar
Badan
lurus dengan bola
Kaki
tumpu berada di samping bola
Pergelangan
Kaki diputar ke dalam, selanjutnya bola ditendang dengan kaki bagian luar.
4
|
c)
Passing bola dengan punggung kaki
Badan
lurus dengan bola
Kaki
tumpu berada di samping bola
·
Latihan
dasar menahan bola
Mengontrol bola dengan kaki bagian dalam
Badan
tegak, kaki kanan di depan, lutut sedikit ditekuk
Pergelangan
kaki dikunci dengan mata kaki menghadap ke depan
Kaki
kiri digunakan sebagai tumpuan dan menopang berat badan dikaki kiri
Tangan
rileks untuk menjaga keseimbangan badan
·
Latihan
dasar menahan bola
Mengontrol bola dengan kaki bagian luar
kaki
kanan di depan,
Pergelangan
kaki diputar, ujung kaki menghadap kebawah, lutut ditekuk
Kaki
kiri digunakan sebagai tumpuan, lutut ditekuk hingga berat badan ada Dikaki
kiri
Badan
sedikit condong
Tangan
rileks untuk menjaga keseimbangan badan
E.
Metode Pembelajaran.
a)
Pendekatan:
saintifik (scientific)
b)
Resiprokal
F.
Alat
(Bahan) dan Sumber Belajar
a. Alat / Bahan :
Alat :
- Bola standard - Jam
tangan
-
Peluit
-
Kun
Tempat : Lapangan
Formasi : Berhadapan/berpasangan
b. Sumber Belajar :
·
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Buku Guru & Buku
Siswa Kls XI Kemdikbud 2014
·
Buku
lain yang menunjang
G.
Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan (20
Menit)
-
Pembelajaran dimulai dengan
guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
-
Menyampaikan
kompetensi (KD) yang akan diajarkan
-
Menyampaikan tujuan
pembelajaranMeminta beberapa orang peserta didik mengemukakan pengalaman
setelah melihat/melakukan latihan teknik dasar sepak bola dari berbagai sumber.
-
Mengaitkan
apa dikemukakan peserta didik dengan materi yang akan dipelajari
-
Melakukan
pemanasan.
-
Guru Membagi peserta didik
dalam kelompok-kelompok
b. Kegiatan
Inti (90 Menit)
o Aktifitas Belajar Berpasangan
Mengamati
-
Mengamati
peragaan yang dilakukan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang
berkompeten tentang teknik dasar yang ada dalam permainan sepak bola
(mengumpan, mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang).
-
Siswa menyimak
peragaan teknik dasar sepak bola yang dilakukan oleh peserta didik lain/
-
Guru menilai
keterampilan siswa mengamati
Menanya
-
Setiap peserta
didik secara bergantian mengajukan pertanyaan mengenai teknik dasar (mengumpan,
mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang)
-
Pertanyakan
kepada peserta didik: apakah dengan merobah titik perkenaan bola dengan kaki
akan merobah jalannya bola?, apakah dengan merobah titik tumpu akan merobah
kecepatan dan jalannya bola?, apakah distribusi kekuatan menendang mempengaruhi
jalannya bola?, Dan pertannyaan lainnya.
Eksplorasi
-
Mencari berbagai
informasi tentang teknik dasar yang ada dalam permainan sepak bola (mengumpan,
mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang) melalui Video, TV, media yang lain ataupun
pengamatan langsung.
-
Mendiskusikan
keterampilan gerak teknik mengumpan, mengontrol, menggiring, dan menembak bola
ke gawang dan membuat kesimpulannya.
-
Mendiskusikan
kesalahan-kesalahan dan cara memperbaiki kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan
teknik dasar keterampilan gerak
permainan sepakbola..
-
Mendiskusikan
cara memperbaiki kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan keterampilan gerak permainan sepakbola dan
membuat kesimpulannya.
-
Peserta didik
mencoba mempraktikkan teknik dasar
permainan sepak bola dengan benar sesuai dengan
yang diperagakan oleh guru
-
Selama peserta
didik melakukan eksplorasi gerak, guru menilai kemajuan yang diperoleh oleh
peserta didik, baik dari segi pengetahuan, sikap, maupun keterampilan.
Mengasosiasi
-
Memilih/memutuskan
cara mengumpan (passing) bola dengan baik sesuai dengan arah datangya bola.
-
Memutuskan cara
mengumpan (passing) bola dengan baik sesuai dengan arah sasaran.
-
Tugaskan peserta
didik untuk mengeksplorasi
pertanyaan tersebut melalui praktik menendang bola secara
berpasangn.
-
Setelah peserta
didik merasakan ada kemajuan dengan kaki kanan lakukan gerakan menendang bola
mengguankan kaki kiri.
Gambar 2.1. Aktivitas untuk mempraktikkan keterampilan gerak menendang Bola
-
Guru juga
menyampaikan arti penting kerjasama dan disiplin selama melakukan aktivitas
belajar tersebut.
-
Tugaskan peserta
didik untuk membuat
barisan dan saling
berhadapan secara berpasang-pasangan dengan jarak 3-5 meter.
Masing-masing pasangan mendapatkan satu bola.
-
Tugaskan kepada
peserta didik untuk menendang bola ke depan (a), kemudian pasangan berlari ke
depan untuk mengontrol bola (b), menendang kembali bola ke depan sekitar 2-3
meter (a), pasangan berlari kembali ke depan untuk mengontol bola (b), begitu
seterusnya hingga jarak yang telah ditentukan guru.
-
Aktivitas
belajar ini seperti pada gambar 2.1.
Mengkomunikasikan
-
Bermain
sepakbola menggunakan peraturan yang
sesungguhnya dengan menerapkan teknik menendang, menahan, menggiring, dan
menembak bola ke gawang yang telah dipelajarinya serta menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
Variasi:
setelah peserta didik teramati mengalami kemajuan menendang bola
menggunakan kaki bagian
dalam, tugaskan mereka
mengunakan punggung kaki bagian
dalam dan luar, dan juga tugaskan mereka untuk melakukan gerak menendang sambil
bergerak maju-mundur, ke kiri – ke
kanan, menyerong. Agar kegaitan menarik bagi peserta didik, aktivitas belajar
ini dapat dikembangkan lagi oleh guru.
o Aktivitas Belajar Kelompok
Alat :
Bola plastik/bola standar
Tempat bermain :
Lapangan dengan ukuran 9 x 9 meter.
Formasi :
Berkelompok bebas
1) Tugaskan
kepada peserta didik untuk membuat kelompok sebanyak 6 orang
2) Tugaskan
kepada peserta didik untuk
menentukan 2 orang sebagai pemain
penerima bola, 2 orang sebagai pemain bertahan, dan 2 orang sebagai pemain
penyerang.
3) Tugaskan
kepada peserta didik untuk melakukan pemain penyerang membawa bola dan berusaha
memberikan bola kepada pemain penerima bola, pemain bertahan berusaha merebut bola dari pemain penyerang dan menghalangi
bola agar tidak sampai kepada pemain penerima bola. Apabila bola berhasil
diterima oleh pemain penerima bola maka pemain penerima berganti menjadi pemain
bertahan, pemain bertahan menjadi pemain penyerang, dan pemain penyerang
menjadi pemain penerima bola.
4) Tugaskan peserta
didik untuk menerapkan
berbagai keterampilan gerak permainan sepakbola dengan menerapkan
nilai sportifitas, kerjasama, dan disiplin.
5) Selama
peserta didik melakukan eksplorasi gerak, guru menilai kemajuan yang diperoleh
oleh peserta didik.
6) Aktivitas
belajar ini seperti pada gambar 2.2
Kategori
keterampilan gerak permainan sepakbola lainnya seperti: keterampilan gerak
menghentikan/mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang di rancang
seperti aktivitas pembelajaran di atas. Guru dapat mengembangkannya lagi sesuai
dengan karakteristik dan
kebutuhan peserta didik
serta keadaan lingkungan sekolah.
c.
Kegiatan Penutup (25 Menit)
-
Pendinginan.
-
Evaluasi proses pembelajaran
dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi passing bawah
-
Melakukan refleksi oleh guru
dengan melibatkan peserta didik tentang materi passing bawah
-
Memberikan umpan balik dan
penugasan pada peserta didik
-
Menarik kesimpulan dari hasil
pembelajaran, dan berdoa
H.
Penilaian
1.
Penilaian Pengetahuan
Setelah
mempelajari materi kategori keterampilan gerak permainan sepakbola, para
peserta didik mengerjakan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab dengan menjawab
berbagai pertanyaan yang berhubungan
dengan analisis dan konsep kategori
keterampilan gerak permainan
sepakbola, bolavoli, dan
bolabasket. Berikut contoh rubrik untuk penilaian pengetahuan.
No
|
Butir Pertanyaan
|
Kriteria Penskoran
|
Nilai
Akhir
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
|||
1.
|
Bagaimana cara mengumpan bola dengan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan punggung kaki dalam permainan sepakbola?
|
||||||
2.
|
Bagaimana cara melakukan passing
menggunkan kaki bagian dalam permainan sepak bola?
|
||||||
3.
|
Bagaimana cara melakukan passing
menggunkan kaki bagian luar permainan sepak bola?
|
||||||
4.
|
Bagaimana cara melakukan passing
menggunkan kaki bagian punggung permainan sepak bola?
|
Penilaian pengetahuan =
2. Penilaian
Keterampilan
Penilaian
aspek keterampilan dilakukan terhadap kesempurnaan/keterampilan sikap/cara
melakukan proses suatu gerakan (penilaian proses). Tugaskan peserta didik untuk
melakukan keterampilan-keterampilan gerak dalam permainan sepakbola, bolavoli,
dan bolabasket, kemudian buatlah rubrik penilaian keterampilan seperti contoh
berikut :
Nama siswa
|
Penilaian keterampilan gerak menendang bola
|
Skor akhir
|
Ket.
|
||||||||||||
Penilaian proses
|
|||||||||||||||
Sikap kaki awalan
|
Perkenaan kaki dengan bola
|
Sikap akhir /arah bola
|
|||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL
(NILAI KETERAMPILAN)
: 12
|
kriteria penilaian:
1 = tidak kompeten
2 = cukup kompeten
3 = kompeten
4 = sangat kompeten
Penilaian Keterampilan =
3. Penilaian
Sikap
Penilaian
aspek sikap dilakukan dengan pengamatan selama mengikuti kegiatan belajar
mengajar. Pengamatan dalam proses
penilaian dilakukan saat peserta
didik pembelajaran permainan
sepakbola. Aspek-aspek yang
dinilai meliputi: kerjasama, tanggung jawab, sportivitas, disiplin, dan
toleransi. Berikan tanda cek (√) pada
kolom yang sudah disediakan, setiap peserta peserta didik menunjukkan atau
menampilkan sikap yang diharapkan. Tiap sikap
yang dicek (√) dengan rentang skor antara 1 sampai dengan 4 dengan
criteria sebagai berikut:
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
Contoh Rubrik
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap Yang Dinilai
|
|||||||||||||||||
Kerjasama
|
Toleransi
|
Sportivitas
|
Disiplin
|
Σ
|
NA
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
|||||||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||||||
Dst
|
|||||||||||||||||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL
(NILAI SIKAP) : 20
|
Penilaian Afektif
:
No
|
nama siswa
|
Aspek penilaian
|
∑ NA =
P + K +S
3
|
Paraf guru
|
||
pengetahuan
|
Keterampilan (K)
|
Sikap (S)
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
Keterangan
• Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 95 – 100
• Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 85 – 94
• Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 75 – 84
• Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 74
• Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara
<
60
Remedial
dan Pengayaan
Pelaksanaan remedial
dilakukan apabila terdapat siswa mendapatkan nilai kurang dari KKM atau pada kategori
kurang (60-74) dan kurang sekali (< 60). Sedangkan, pengayaan dapat
dilakukan pada siswa yang telah mendapatkan nilai baik (85-94) dan sangat baik
(95-100). Remedial dan pengayaan dapat dilakukan pada aspek pengetahuan, sikap,
dan keterampilan. berikut contoh format remedial dan pengayaan.
1. Remedial
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Target Kompetensi
|
Aspek
|
Materi
|
Indikator
|
KKM
|
Bentuk Remidial
|
Nilai
|
Ket.
|
|
KI
|
KD
|
Awal
|
||||||||
1
|
Bunga
|
4
|
4.1
|
ke terampilan
|
Permainan
Sepakbola
|
Keterampilan passing bola
|
78
|
Penugasan passing bola ke sasaran
|
65
|
Remedial
|
2. Pengayan
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Target Kompe
tensi
|
Aspek
|
Materi
|
Indikator
|
KKM
|
Bentuk
Remidial
|
Nilai
|
Ket.
|
|
KI
|
KD
|
Awal
|
||||||||
1
|
bunga
|
4
|
4.1
|
ke terampilan
|
Permainan
Sepakbola
|
Keterampilan passing bola
|
78
|
Penugasan passing bola ke sasaran
|
85
|
Pengayaan
|
|
Untuk File aslinya silahkan klik link berikut :
No comments:
Post a Comment