semua yang mati pasti pernah hidup, dan yang hidup pasti akan mati.

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Wednesday 14 February 2018

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 TEKNIK DASAR PASSING PERMAINAN SEPAK BOLA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          : MAN 2 KOTA SEMARANG
Mata Pelajaran                : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                : XI / 1 (Ganjil )
Tema/Topik                     : Teknik Dasar Sepak Bola
Pertemuan                       : 2 Kali Pertemuan
Waktu                              : 3 x 45 Menit

A.       Kompetensi Inti

KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan Menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan Kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait Dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        Kompetensi Dasar dan Indikator Pembelajaran

Kompetensi Dasar
Indikator Pembelajaran
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.1.1. Menggunakan tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai dengan bermain permainan sepakbola.
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
1.2.1.Memelihara dan membina tubuh sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta dengan bermain permainan sepakbola.
2.1. Berperilaku sportif dalam bermain.


2.1.1. Menunjukkan perilaku sportif dalam permainan sepakbola.
2.2. Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.

2.2.1. Menunjukkan perilaku bertanggung awab terhadap tugas yang diberikan dalam permainan sepakbola.
2.2.2. Menunjukkan perilaku bertanggungjawab terhadap pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran permainan sepakbola.
2.3. Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.3.1. Menunjukkan perilaku santun selama bermain permainan sepakbola.
2.4. Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4.1. Menunjukkan perilaku bekerjasama selama melakukan aktivitas bermain permainan sepakbola.
2.5.Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.5.1. Menunjukkan perilakutoleransi selama bermain permainan sepakbola.
2.6.Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.6.1. Menunjukkan perilaku disiplin selama melakukan aktivitas bermain permainan sepakbola.
2.7.Menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.

2.7.1. Menunjukkan perilaku sadar diri saat menerima kekalahan dalam permainan sepakbola.
2.7.2. Menunjukkan perilaku tidak berlebihan saat menang dalam permainan sepakbola.
3.1. Menganalisis dan mengkategorikan keterampilan gerak salah satu permainan bola besar serta menyusun rencana perbaikan.
3.1.1. Menganalisis kategori keterampilan gerak dalam permainan sepakbola.
4.1. Mempraktikkan perbaikan keterampilan salah satu permainan bola besarsesuai hasil analisis dan kategorisasi.
4.1.1. Mempraktikkan perbaikan kesalahan gerak dalam permainan sepakbola.



C.       Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu :
1. Memiliki kesadaran tentang arti penting merawat tubuh sebagai wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2. Menunjukkan perilaku bertanggungjawab terhadap pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran permainan sepakbola.
3. Menunjukkan  perilaku  santun  dan  toleransi  selama  bermain  permainan sepakbola.
4. Menganalisis dan mempraktikkan keterampilan gerak permainan sepak bola dengan menunjukkan nilai sportivitas, kerjasama, dan disiplin.

D.       Materi Pembelajaran :
·      Latihan dasar passing
a)      Passing bola dengan kaki bagian dalam
*      Kaki tumpu berada di samping bola
o   Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
o   Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola besar dengan koordinasi gerak yang baik
*      Lutut ditekuk sedikit
*      Kaki diputar ke luar pada pangkal paha membentuk sudut 90 derajat
*      Pergelangan kaki yang akan menendang dikencangkan
*      Bagian dalam kaki tepat mengenai pertengahan bola lalu kaki tendang  bergerak lurus searah bola.




 









b)      Passing bola dengan kaki bagian luar
*      Badan lurus dengan bola       
*      Kaki tumpu berada di samping bola
*      Pergelangan Kaki diputar ke dalam, selanjutnya bola ditendang dengan kaki bagian luar.  

4
 









c)       Passing bola dengan punggung kaki
*      Badan lurus dengan bola       
*      Kaki tumpu berada di samping bola
*      Pergelangan Kaki dikuatkan, punggung kaki menghadap ke Depan, ujung kaki lebih rendah dari tumit selanjutnya bola ditendang dengan Kaki bagian atas atau bagian punggung.






·         Latihan dasar menahan bola
Mengontrol  bola dengan kaki bagian dalam
*      Badan tegak, kaki kanan di depan, lutut sedikit ditekuk      
*      Pergelangan kaki dikunci dengan mata kaki menghadap ke depan               
*      Kaki kiri digunakan sebagai tumpuan dan menopang berat badan dikaki kiri
*      Tangan rileks untuk menjaga keseimbangan badan
·         Latihan dasar menahan bola
Mengontrol  bola dengan kaki bagian luar
*      kaki kanan di depan,  
*      Pergelangan kaki diputar, ujung kaki menghadap kebawah, lutut ditekuk
*      Kaki kiri digunakan sebagai tumpuan, lutut ditekuk hingga berat badan ada Dikaki kiri
*      Badan sedikit condong 
*      Tangan rileks untuk menjaga keseimbangan badan
E.        Metode Pembelajaran.
a)   Pendekatan: saintifik (scientific)
b)   Resiprokal
F.        Alat (Bahan)  dan Sumber Belajar
a.      Alat / Bahan          :
Alat                       : - Bola standard   - Jam tangan
-          Peluit              
-          Kun
Tempat                  : Lapangan
Formasi                 : Berhadapan/berpasangan
b.      Sumber Belajar :   
·         Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Buku Guru & Buku Siswa Kls XI Kemdikbud 2014
·         Buku lain yang menunjang
G.       Kegiatan Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan (20 Menit)
-          Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
-          Menyampaikan kompetensi (KD) yang akan diajarkan
-          Menyampaikan tujuan pembelajaranMeminta beberapa orang peserta didik mengemukakan pengalaman setelah melihat/melakukan latihan teknik dasar sepak bola dari berbagai sumber.
-          Mengaitkan apa dikemukakan peserta didik dengan materi yang akan dipelajari
-          Melakukan pemanasan.
-          Guru Membagi peserta didik dalam kelompok-kelompok
b.      Kegiatan Inti (90 Menit)
o   Aktifitas Belajar Berpasangan
Mengamati
-       Mengamati peragaan yang dilakukan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang berkompeten tentang teknik dasar yang ada dalam permainan sepak bola (mengumpan, mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang).
-       Siswa menyimak peragaan teknik dasar sepak bola yang dilakukan oleh peserta didik lain/
-       Guru menilai keterampilan siswa mengamati
Menanya
-       Setiap peserta didik secara bergantian mengajukan pertanyaan mengenai teknik dasar (mengumpan, mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang)
-       Pertanyakan kepada peserta didik: apakah dengan merobah titik perkenaan bola dengan kaki akan merobah jalannya bola?, apakah dengan merobah titik tumpu akan merobah kecepatan dan jalannya bola?, apakah distribusi kekuatan menendang mempengaruhi jalannya bola?, Dan pertannyaan lainnya.
Eksplorasi
-       Mencari berbagai informasi tentang teknik dasar yang ada dalam permainan sepak bola (mengumpan, mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang)  melalui Video, TV, media yang lain ataupun pengamatan langsung.
-       Mendiskusikan keterampilan gerak teknik mengumpan, mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang dan membuat kesimpulannya.
-       Mendiskusikan kesalahan-kesalahan dan cara memperbaiki kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknik dasar  keterampilan gerak permainan sepakbola..
-       Mendiskusikan cara memperbaiki kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan   keterampilan gerak permainan sepakbola dan membuat  kesimpulannya.
-       Peserta didik mencoba mempraktikkan  teknik dasar permainan sepak bola dengan benar sesuai dengan  yang diperagakan oleh guru
-       Selama peserta didik melakukan eksplorasi gerak, guru menilai kemajuan yang diperoleh oleh peserta didik, baik dari segi pengetahuan, sikap, maupun keterampilan.
Mengasosiasi
-       Memilih/memutuskan cara mengumpan (passing) bola dengan baik sesuai dengan arah datangya bola.
-       Memutuskan cara mengumpan (passing) bola dengan baik sesuai dengan arah sasaran.
-       Tugaskan peserta didik untuk  mengeksplorasi pertanyaan  tersebut  melalui praktik menendang bola secara berpasangn.
-       Setelah peserta didik merasakan ada kemajuan dengan kaki kanan lakukan gerakan menendang bola mengguankan kaki kiri.
Gambar 2.1. Aktivitas untuk mempraktikkan keterampilan gerak menendang Bola
-       Guru juga menyampaikan arti penting kerjasama dan disiplin selama melakukan aktivitas belajar tersebut.
-       Tugaskan  peserta  didik  untuk  membuat  barisan  dan  saling  berhadapan secara berpasang-pasangan dengan jarak 3-5 meter. Masing-masing pasangan mendapatkan satu bola.
-       Tugaskan kepada peserta didik untuk menendang bola ke depan (a), kemudian pasangan berlari ke depan untuk mengontrol bola (b), menendang kembali bola ke depan sekitar 2-3 meter (a), pasangan berlari kembali ke depan untuk mengontol bola (b), begitu seterusnya hingga jarak yang telah ditentukan guru.
-       Aktivitas belajar ini seperti pada gambar 2.1.
Mengkomunikasikan
-       Bermain sepakbola  menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan teknik menendang, menahan, menggiring, dan menembak bola ke gawang yang telah dipelajarinya serta menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
Variasi: setelah peserta didik teramati mengalami kemajuan menendang bola menggunakan  kaki  bagian  dalam,  tugaskan  mereka  mengunakan  punggung kaki bagian dalam dan luar, dan juga tugaskan mereka untuk melakukan gerak menendang sambil bergerak maju-mundur,  ke kiri – ke kanan, menyerong. Agar kegaitan menarik bagi peserta didik, aktivitas belajar ini dapat dikembangkan lagi oleh guru.

o   Aktivitas Belajar Kelompok
Alat                            : Bola plastik/bola standar
Tempat bermain          : Lapangan dengan ukuran 9 x 9 meter.
Formasi                       : Berkelompok bebas
1) Tugaskan kepada peserta didik untuk membuat kelompok sebanyak 6 orang
2) Tugaskan kepada peserta didik untuk  menentukan  2 orang sebagai pemain penerima bola, 2 orang sebagai pemain bertahan, dan 2 orang sebagai pemain penyerang.
3) Tugaskan kepada peserta didik untuk melakukan pemain penyerang membawa bola dan berusaha memberikan bola kepada pemain penerima bola, pemain bertahan  berusaha merebut  bola dari pemain penyerang dan menghalangi bola agar tidak sampai kepada pemain penerima bola. Apabila bola berhasil diterima oleh pemain penerima bola maka pemain penerima berganti menjadi pemain bertahan, pemain bertahan menjadi pemain penyerang, dan pemain penyerang menjadi pemain penerima bola.
4) Tugaskan  peserta  didik  untuk  menerapkan  berbagai  keterampilan  gerak permainan  sepakbola dengan  menerapkan  nilai sportifitas, kerjasama, dan disiplin.
5) Selama peserta didik melakukan eksplorasi gerak, guru menilai kemajuan yang diperoleh oleh peserta didik.
6) Aktivitas belajar ini seperti pada gambar 2.2
Kategori keterampilan gerak permainan sepakbola lainnya seperti: keterampilan gerak menghentikan/mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang di rancang seperti aktivitas pembelajaran di atas. Guru dapat mengembangkannya lagi sesuai dengan  karakteristik  dan  kebutuhan  peserta  didik  serta  keadaan lingkungan sekolah.
c.       Kegiatan Penutup (25 Menit)
-          Pendinginan.
-          Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi passing bawah
-          Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi passing bawah
-          Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
-          Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan  berdoa
H.       Penilaian
1.      Penilaian Pengetahuan
Setelah mempelajari materi kategori keterampilan gerak permainan sepakbola, para peserta didik mengerjakan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab dengan menjawab berbagai pertanyaan yang berhubungan  dengan analisis dan konsep kategori  keterampilan  gerak  permainan  sepakbola, bolavoli, dan  bolabasket. Berikut contoh rubrik untuk penilaian pengetahuan.


No

Butir Pertanyaan
Kriteria Penskoran
Nilai
Akhir
1
2
3
4



1.
Bagaimana cara mengumpan bola dengan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan punggung kaki dalam permainan sepakbola?







2.
Bagaimana cara melakukan passing menggunkan kaki bagian dalam permainan sepak bola?







3.
Bagaimana cara melakukan passing menggunkan kaki bagian luar permainan sepak bola?






4.
Bagaimana cara melakukan passing menggunkan kaki bagian punggung permainan sepak bola?







Penilaian pengetahua =                                               
2.     Penilaian Keterampilan
Penilaian aspek keterampilan dilakukan terhadap kesempurnaan/keterampilan sikap/cara melakukan proses suatu gerakan (penilaian proses). Tugaskan peserta didik untuk melakukan keterampilan-keterampilan gerak dalam permainan sepakbola, bolavoli, dan bolabasket, kemudian buatlah rubrik penilaian keterampilan seperti contoh berikut :

Nama siswa
Penilaian keterampilan gerak menendang bola
Skor akhir




Ket.
Penilaian proses
Sikap kaki awalan
Perkenaan kaki dengan bola
Sikap akhir /arah bola
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

































































JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KETERAMPILAN) : 12

kriteria penilaian:
1 = tidak kompeten
2 = cukup kompeten
3 = kompeten
4 = sangat kompeten
Penilaian Keterampilan =                                                 
3.      Penilaian Sikap
Penilaian aspek sikap dilakukan dengan pengamatan selama mengikuti kegiatan belajar mengajar. Pengamatan  dalam proses penilaian dilakukan saat peserta  didik  pembelajaran  permainan  sepakbola. Aspek-aspek yang  dinilai meliputi: kerjasama, tanggung jawab, sportivitas, disiplin, dan toleransi.  Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta peserta didik menunjukkan atau menampilkan sikap yang diharapkan. Tiap sikap  yang dicek (√) dengan rentang skor antara 1 sampai dengan 4 dengan criteria sebagai berikut:
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
Contoh Rubrik Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai



Kerjasama

Toleransi

Sportivitas

Disiplin
Σ
NA
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4


1



















2



















Dst



















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 20

Penilaian Afektif  :       
           


No

nama siswa
Aspek penilaian
NA =
P + K +S
3
Paraf guru

pengetahuan

Keterampilan (K)

Sikap (S)
1






2






3






4







Keterangan
Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara              = 95 100
Mendapat nilai Baik, jika skor antara                         = 85 94
Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                      = 75 84
Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                     = 60 74
Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara         < 60
Remedial dan Pengayaan
Pelaksanaan remedial dilakukan  apabila terdapat  siswa mendapatkan  nilai kurang dari KKM atau pada kategori kurang (60-74) dan kurang sekali (< 60). Sedangkan, pengayaan dapat dilakukan pada siswa yang telah mendapatkan nilai baik (85-94) dan sangat baik (95-100). Remedial dan pengayaan dapat dilakukan pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. berikut contoh format remedial dan pengayaan.

1. Remedial
No.
Nama Peserta Didik
Target Kompetensi
Aspek
Materi
Indikator
KKM
Bentuk Remidial
Nilai
Ket.
KI
KD
Awal

1

Bunga

4

4.1

ke terampilan

Permainan
Sepakbola

Keterampilan passing bola

78

Penugasan passing bola ke sasaran

65


Remedial






2. Pengayan
No.
Nama Peserta Didik
Target Kompe tensi
Aspek
Materi
Indikator
KKM
Bentuk
Remidial
Nilai
Ket.
KI
KD
Awal

1

bunga

4

4.1

ke terampilan

Permainan
Sepakbola

Keterampilan passing bola

78

Penugasan passing bola ke sasaran

85

Pengayaan




Mengetahui
Dosen Pembimbing Lapangan





NIP. 


Guru Pamong




NIP. -
Semarang, 27 September 2017
Mahasiswa Praktikan



Muhammad Chamim
NIM. 148010024









Untuk File aslinya silahkan klik link berikut :

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages