RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolahan : SMA TELOLET INDONESIA
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan
Materi :
Atletik (Lompat Jangkit)
Kelas
/ Semester : X / 1 (satu)
Pertemuan
: 1 kali pertemuan
Alokasi
Waktu : 2 x 30 menit
Waktu : Kamis, 29 Desember 2016
Standart Kompetensi :
Mempraktikan berbagai teknik dasar
permainan dan olahraga, serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar :
Mempraktikan teknik dasar salah satu
permainan olahraga dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama,
toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat
dan peralatan.
A.
Indikator Pencapaian Kompetisi
Kognitif
:
1. Siswa
bisa memahami apa itu lompat jangkit
2. Siswa
bisa memahami teknik dasar lompat jangkit (awalan, tolakan, dan pendaratan)
3. Siswa
bisa memahami langkah-langkah dalam melakukan lompat jangkit
Afektif :
1. Siswa
bisa memahami nilai-nilai yang terkandung dalam olahraga (disiplin, rapi,
sopan, bertanggung jawab ).
Psikomotor
:
1. Siswa
dapat melakukan teknik dasar lompat jangkit
2. Siswa
dapat melakukan teknik dasar melakukan lompat jangkit (awalan, tolakan dan
pendaratan)
3. Siswa
dapat melakukan langkah-langkah lompat jangkit dengan baik
B.
Tujuan
Pembelajaran
Kognitif
:
1. Siswa
dapat menjelaskan apa itu lompat jangkit dengan baik dan benar
2. Siswa
dapat menjelaskan teknik dasar lompat jangkit (awalan, tolakan dan pendaratan)
dengan baik dan benar
3. Siswa
dapat menjelaskan langkah-langkah dalam melakukan lompat jangkit dengan baik dan
benar
Afektif :
1. Siswa
dapat menunjukan sikap disiplin, tanggung jawab, tekun selama latihan
2. Siswa
dapat bekerja sama dalam latihan
3. Siswa
bisa percaya diri melakukan latihan
Psikomotor
:
1. Siswa
dapat melakukan teknik dasar lompat jangkit (awalan, tolakan dan pendaratan)
dengan baik dan benar
2. Siswa
dapat melakukan langkah-langkah dalam melakukan lompat jangkit dengan baik dan
benar
C.
Materi
Pembelajaran
Lompat
Jangki
Lompat jangkit yang disebut juga lompat tiga adalah
nomor lompat yang melibatkan tiga gerakan yang dilakukan secara berurutan dan
menjadi satu kesatuan. Ketiga gerakan tersebut yaitu jingkat (hop),
langkah (step), dan lompat (jump). Akhir gerakan adalah mendarat di
kotak berisi pasir seperti pada lompat
jauh. Lompat jangkit membutuhkan
kecepatan dan kelenturan. Jadi, selain seorang sprinter yang handal,
atlet lompat jangkit juga harus memiliki kekuatan otot dan
kelenturan.
Ø Teknik
Dasar Lompat Jangkit
Secara
garis besar ada tiga fase gerakan pada lompat jangkit, yaitu awalan,
tolakan, dan pendaratan. Namun, tolakan ini meliputi tiga hal,
yaitu tolakan untuk berjingkat, tolakan untuk melangkah, dan tolakan untuk
melompat. Berikut ini diuraikan langkah-langkah sebagai panduan untuk kalian
dalam melakukan lompat jangkit.
a. Awalan
Jarak
lintasan untuk melaksanakan awalan tidak kurang dari 45 meter. Berikut ini cara
melakukan awalan pada lompat jangkit :
1) Lari
awalan bervariasi, bergantung pada kemampuan masingmasing siswa.
2)
Percepatlah lari awalan sedikit demi sedikit sebelum bertolak.
3)
Turunkan pinggang sedikit pada satu langkah akhir awalan.
b. Tolakan
Tolakan
kaki harus kuat dan dijaga agar tidak mengurangi kecepatan gerak
ke
depan. Tiga teknik tolakan berikut ini harus kalian pelajari sehingga kalian
dapat
menguasai gerakan lompat jangkit secara keseluruhan.
§ Tolakan
sebelum berjingkat
·
Pilihlah kaki terkuat untuk bertolak, lalu mendarat
dengan aktif dan siap melakukan dorongan kaki ke depan. Ayunkan paha kaki yang
satunya keposisi horizontal.
·
Lakukan tolakan ke depan dan ke atas.
·
Tariklah kaki yang bertolak ke arah depan - atas,
sedangkan kaki satunya ditarik ke arah bawah - belakang (gerakan
jingkat).
§ Tolakan
sebelum melangkah
·
Lakukan tolakan dengan cepat dengan salah satu kaki,
dimana posisi mata kaki, sendi lutut dan pinggang diluruskan. Paha kaki satunya
diayunkan ke posisi horizontal.
·
Gerak langkah akan diikuti oleh gerak lompat. Oleh
karena itu, posisi bertolak ketika gerak langkah dipertahankan untuk
selanjutnya melakukan lompat. Caranya, luruskan kaki yang tidak untuk bertolak
ke arah depan dan bawah.
§ Tolakan
sebelum melompat
·
Lakukan tolakan dengan cepat, paha kaki yang tidak
untuk bertolak diayunkan ke posisi horizontal.
·
Ketika fase melayang melibatkan teknik menggantung
atau teknik melangkah. Ini untuk lompat yang jauh.
·
Tariklah posisi badan ke arah depan - bawah sebagai
persiapan mendarat, tariklah lengan ke depan.
c.
Pendaratan
Berikut
ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mendarat pada lompat
jangkit.
·
Mengangkat kedua kaki lurus ke depan.
·
Membungkukkan badan ke depan dan memindahkan kedua
lengan dari atas ke depan.
·
Ketika mendarat, kedua kaki mengeper, yaitu kedua
lutut agak ditekuk.
·
Memindahkan badan ke depan, kepala ditundukkan dan
kedua lengan dibawa ke depan.
D.
Metode
Pembelajaran
1. Komando
2. Demonstrasi
3. Latihan
4. Tanya
Jawab
E.
Langkah-
langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan (15 menit )
Ø Siswa
dibariskan menjadi 2 atau 3 saf.
Ø Menghitung
jumlah siswa.
Ø Berdoa
sebelum memulai pembelajaran.
Ø Guru
mengabsensi kehadiran siswa.
Ø Apersepsi
·
Menanyakan kabar siswa.
·
Mempersilahkan siswa yang sedang sakit
untuk tidak mengikuti pembelajaran.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Ø Guru
menunjuk salah satu siswa untuk memimpin pemanasan statis dan dinamis
Ø Melakukan
pemanasan skiping, hoping, taping, kijang, sprint dll
Ø Melakukan
pemanasan dengan permainan
Siswa dibagi menjadi 2-4 kelompok (menyesuaikan
banyaknya siswa), melakukan estavet yang membedakan adalah dengan berjingkat,
dengan peraturan yang ditentukan oleh guru, dan yang kalah mendapatkan hukuman
2.
Kegiatan
Inti ( 35 menit )
ü Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi ini, bertujuan untuk mengukur seberapa tahukah siswa dalam pengetahuannya
tentang lompat jangkit.
Ø Guru
bertanya pada siswa tentang apa yang siswa ketahui tentang lompat jangkit
Ø Siswa
diberi kesempatan untuk menjawab apa itu lompat jangkit sesuai dengan yang
mereka ketahui
Ø Setelah
siswa selesai, guru menjelaskan tentang gerakan lompat jangkit yang baik dan
benar
ü Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru
menjelaskan dan
mempraktikan teknik dasar
lompat jangkit yang baik dan benar.
Ø Guru
menjelaskan dan mempraktekan gerakan mendarat lompat jangkit
Ø Siswa
melakukan gerakan mendarat lompat jangkit sesuai arahan guru
Ø Guru
menjelaskan dan mempraktekan gerakan tolakan lompat jangkit
Ø Siswa
melakukan gerakan tolakan lompat jangkit sesuai arahan guru
Ø Guru
menjelaskan dan mempraktekan gerakan awalan lompat jangkit
Ø Siswa
melakukan gerakan awalan lompat jangkit sesuai arahan guru
Ø Guru
menjelaskan dan mempraktekan gerakan kombinasi (awalan, tolakan dan pendaratan)
Ø Siswa
melakukan gerakan kombinasi (awalan, tolakan dan pendaratan) sesuai arahan guru
Ø Permainan,
siapa yang salah melakukan gerakan koordinasi hukumannya melakukan jingkat dari
tempatnya menuju ke barisan
ü Konfirmasi
Ø Guru
mengoreksi dari semua siswa yang melakukan.
Ø Siswa
diberi kesempatan untuk bertanya terhadap apa yang sudah dipelajari.
Ø Siswa
diberi kesempatan bertanya mengenai kesulitan yang dihadapi dan guru
menjelaskan.
3.
Penutup
( 10 menit )
1. Dibariskan
2. Pendinginan
·
Lari-lari kecil atau bisa dengan jalan kaki
keliling lapangan
·
Melakukan gerakan statis dan dinamis
3. Evaluasi
mengenai hasil pembelajaran yang sudah dilakukan.
4. Berdoa
dan membubarkan siswa.
F.
Alat
dan Sumber Belajar
1.
Alat
Pembelajaran :
·
Lapangan
·
Peluit
·
Jam tangan
·
Kardus bekas
·
Tali rafiah
2.
Sumber
Belajar :
·
Internet
G.
Penilaian
1.
Penilaian
Sikap
Selama
proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan
proses pembelajaran. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran yaitu
bertanggung jawab, sportif, dan disiplin.
Keterangan :
Beri tanda (v) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta
ujian menunjukan atau menampilkan yang diharapkan. Perilaku yang di cek
mendapat poin satu.
RUBRIK
PENILAIAN
SIKAP
DALAM PEMBELAJARAN ( Afektif )
Aspek
yang diukur
|
Deskripsi
yang diukur
|
BT
(1)
|
MT
(2)
|
TN
(3)
|
1.
Disiplin
|
Hadir
tepat waktu
|
|||
Mengikuti
seluruh proses pembelajaran
|
||||
Selesai
tepat waktu
|
||||
2.
Kerja sama
|
Bersama-sama
menyiapkan peralatan
|
|||
Mau
memberi saran pada temannya
|
||||
Mau
bekerjasama dengan temannya
|
||||
3.
Tanggung jawab
|
Mau
mengakui kesalahan yang dilakukan
|
|||
Tidak
mencari-cari kesalahan teman
|
||||
Mengerjakan
tugas yang diterima
|
Keterangan :
a. BT : Belum Tampak
b. MT
: Mulai Tampak
c. TN : Tampak Nyata
2.
Penilaian
Pengetahuan ( Kognitif )
Jawab secara lisan atau tulisan, yang
mengenai gerakan dribling pada sepak
bola.
No
|
Pertanyaan
|
Kriteria Persekoran
|
Jumlah
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
Jelaskan apa itu lompat jangkit
|
|||||
2.
|
Sebutkan teknik dasar lompat jangkit
|
|||||
3.
|
Sebut dan jelaskan tolakan dalam
melakukan lompat jangkit
|
|||||
4.
|
Jelaskan latihan-latihan yang dapat
dilakukan agar dapat melakukan lompat jangkit yang baik dan benar
|
Keterangan
:
1. Skor
4 : jika peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator.
2. Skor
3 : jika peserta didik mampu menjelaskan dua indikator.
3. Skor
2 : jika peserta didik mampu menjelaskan satu indikator.
4. Skor
1 : jika peserta didik tidak satupun dapat menjelaskan pertanyaan yang
diajukan.
Keterangan
:
Penilaian
terdapat kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai 1 sampai 4.
3.
Penilaian
Ketrampilan
RUBRIK PENILAIAN KETRAMPILAN LOMPAT JANGKIT ( PSIKOMOTOR )
No
|
Nama peserta didik
|
Pelaksanaan
|
Jumlah Skor
|
|||||||||||||||||||
Awalan
|
Tolakan
|
Gerak lanjutan
|
Mendarat
|
Gerak lanjutan
|
||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
Keterangan
:
a. Skor
4 : apabila ada empat indikator yang dilakukan benar.
b. Skor
3 : apabila ada tiga indikator yang dilakukan benar.
c. Skor
2 : apabila ada dua indikator yang dilakukan benar.
d. Skor
1 : apabila ada satu indikator yang dilakukan benar
NILAI
AKHIR = NILAI SIKAP + NILAI PENGETAHUAN + NILAI KETRAMPILAN
Mengetahui,
|
Semarang, 21 Oktober
2016
Praktikan
|
|
Kardiono
|
Muhammad
Chamim
|
|
NIP.
19800907 200812 1 002
|
NIM. 148010024
|
No comments:
Post a Comment