RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolahan : MTsN 1 SEMARANG
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan
Materi :
Shooting ( Sepak Bola )
Kelas
/ Semester : X / 1 (satu)
Pertemuan
: 1 kali pertemuan
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
Waktu : Rabu, 23 November 2016
Standart Kompetensi :
Mempraktikan berbagai teknik dasar
permainan dan olahraga, serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar :
Mempraktikan
teknik dasar salah satu permainan olahraga dengan koordinasi yang baik serta
nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,
bersedia berbagi tempat dan peralatan.
A.
Indikator Pencapaian Kompetisi
Kognitif
:
1. Siswa
bisa memahami apa itu shooting dalam sepak bola.
2. Siswa
bisa memahai macam-macam shooting dalam sepak bola.
3. Siswa
bisa memahami kaki bagian mana yang dapat digunakan shooting dalam sepak
bola.
Afektif :
1. Siswa
bisa menjalankan nilai-nilai yang terkandung dalam olahraga (disiplin, rapi,
sopan, bertanggung jawab ).
Psikomotor
:
1. Siswa
dapat melakukan teknik dasar shooting menggunakan kaki bagian dalam.
2. Siswa
dapat melakukan teknik dasar shooting menggunakan kaki bagian luar.
3. Siswa
dapat melakukan teknik dasar shooting menggunakan kaki bagian punggung.
4. Siswa
dapat melakukan kombinasi teknik dasar shooting menggunakan kaki bagian dalam,
kaki bagian luar dan kaki bagian punggung.
B.
Tujuan
Pembelajaran
Kognitif
:
1. Siswa
menjelaskan shooting dalam sepak bola.
2. Siswa
menjelaskan macam-macam shooting dalam sepak bola.
3. Siswa
menjelaskan kaki bagian mana yang dapat digunakan shooting dalam sepak bola.
Afektif :
1. Siswa
dapat menunjukan sikap disiplin, tanggung jawab, tekun selama latihan.
2. Siswa
dapat bekerja sama dalam latihan.
3. Siswa
bisa percaya diri melakukan latihan.
Psikomotor
:
1. Siswa
dapat melakukan teknik dasar shooting menggunakan kaki bagian dalam.
2. Siswa
dapat melakukan teknik dasar shooting menggunakan kaki bagian luar.
3. Siswa
dapat melakukan teknik dasar shooting menggunakan kaki bagian punggung.
4. Siswa
dapat melakukan kombinasi teknik dasar shooting menggunakan kaki bagian dalam,
kaki bagian luar dan kaki bagian punggung.
C.
Materi
Pembelajaran
Shooting
( Sepak Bola )
Shooting adalah usaha seorang pemain
untuk menembakan bola kearah gawang secara langsung agar menghasilkan sebuah
gol.
Macam
– macam shooting ada 3 ( tiga ) yaitu shooting jarak dekat dan shooting jarak
jauh, sedangkan perkenaan shooting ada 3 ( tiga ) yaitu shooting menggunakan
perkenaan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki.
D.
Metode
Pembelajaran
1. Komando
2. Demonstrasi
3. Latihan
4. Tanya
Jawab
E.
Stategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mempraktikan teknik dasar shooting
sepak bola serta nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras,
menghargai,semangatdan percaya diri
|
·
Latihan teknik dasar shooting
sepak bola ( kaki dalam, luar dan punggung kaki ).
·
Permainan shooting dengan
menngunakan peraturan yang dimodifikasi.
|
·
Siswa dapat melakukan teknik
dasar shooting sepak bola ) kaki dalam, luar dan punggung kaki) dengan
koordinasi yang baik.
·
Permainan shooting dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai –
nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri.
|
F.
Langkah-
langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan (15 menit )
Ø Siswa
dibariskan menjadi 2 atau 3 saf.
Ø Menghitung
jumlah siswa.
Ø Berdoa
sebelum memulai pembelajaran.
Ø Guru
mengabsensi kehadiran siswa.
Ø Apersepsi
·
Menanyakan kabar siswa.
·
Mempersilahkan siswa yang sedang sakit
untuk tidak mengikuti pembelajaran.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Ø Guru
menunjuk salah satu siswa untuk memimpin pemanasan.
Ø Melakukan
pemanasan permainan dengan permainan “ shooting pusing “
Cara permainan :
a) Siswa
dibagi dengan dua kelompok, dan siswa berbaris memanjang ke belakang.
b) Siswa
yang tedepan melakukan shooting pusing dengan cara memutari kun sebanyak 10
kali dengan salah satu tangan memegang kun.
c) Setelah
10 kali memutari kun siswa maju ke depan dan menembak bola yang diumpan.
d) Permainan
dilakukan sebnyak 2 kali putaran.
e) Tim
yang kalah akan dihukum menggendong tim yang menang.
2.
Kegiatan
Inti ( 35 menit )
ü Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi ini, bertujuan untuk mengukur seberapa tahukah siswa dalam pengetahuannya
tentang shooting.
Ø Guru
bertanya pada sisa tentang apa yang siswa ketahui tentang shooting.
Ø Masing
– masing siswa diberi sebuah bola.
Ø Siswa
diberi kesempatan untuk melakukan shooting sesuai dengan yang mereka ketahui.
Ø Setelah
siswa selesai , guru mempraktikan shooting yang baik dan benar baik menggunakan
kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki.
ü Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru
menjelaskan dan
mempraktikan mengenai cara
shooting
dengan perkenaan kaki mana saja dengan baik dan benar. Meliputi shooting menggunakan kaki
bagian dalam, kaki bagian luar, dan punggung kaki.
Tahap 1
shooting menggunakan kaki dalam jarak dekat dan jarak jauh
·
Siswa dibariskan 2 saf ( saling
berhadapan ) dengan jarak antar kedua tangan.
·
Masing – masing siwa diberi bola pada siswa
yang disebelah kiri.
·
Masing – masing siswa melakukan shooting
pelan menggunakan kaki bagian dalam dengan jarak pendek menuju siwa yang ada
dihadapannya sebanyak 5 kali baik kaki kanan dan kaki kiri.
·
Setelah 5x siswa melakukan shooting jarak pendek mengunakan kaki kanan dan kiri
dilanjut shooting jarak jauh sebanyak 5kali baik kaki kanan dan kiri. Sebelum
melakukan siswa mengatur jarak agak lebih jauh.
Tahap 2
shooting menggunakan kaki luar jarak dekat dan jarak jauh
·
Masih dalam posisi seperti tahap pertama
dan masing-masing siswa dibagian kiri memegang bola.
·
Masing – masing siswa melakukan shooting
pelan menggunakan kaki bagian luar dengan jarak pendek menuju siwa yang ada dihadapannya sebanyak 5
kali baik kaki kanan dan kaki kiri.
·
Setelah 5x siswa melakukan shooting jarak pendek mengunakan kaki kanan dan kiri
dilanjut shooting jarak jauh sebanyak 5kali baik kaki kanan dan kiri. Sebelum
melakukan siswa mengatur jarak agak lebih jauh.
Tahap 3
shooting menggunakan punggung kakai jarak dekat dan jarak jauh
·
Masih dalam posisi seperti tahap pertama
dan ke dua dan masing-masing siswa dibagian kiri memegang bola.
·
Masing – masing siswa melakukan shooting
pelan menggunakan punggung kaki dengan jarak pendek menuju siwa yang ada
dihadapannya sebanyak 5 kali baik kaki kanan dan kaki kiri.
·
Setelah 5x siswa melakukan shooting jarak pendek mengunakan kaki kanan dan kiri
dilanjut shooting jarak jauh sebanyak 5kali baik kaki kanan dan kiri. Sebelum
melakukan siswa mengatur jarak agak lebih jauh.
·
Khusus teknik ini siswa sebelum
melakukan shooting bola harus di pantulkan terlebih dahulu.
Ø Melakukan
sebuah permainan “tarik teman”
Cara permainan :
a) Siswa
dibagi menjadi 2 kelompok yang jumlahnya sama.
b) Siswa
berbaris kebelakang dan dalam posisi duduk.
c) Siswa
yang paling depan ketika mendengarkan peluit, berlari memutari cone dan berlari
ke temannya yang duduk dan menariknya agar ikut berlariyang ada dihadapannya
yang jaraknya 100m.
d) Setelah
semua kelompoknya ikut berlari dan ahrus bergandengan tangan dan tidak boleh
lepas jika lepas harus mulai dari awal lagi, siapa yang duluan menarik semua
kelompoknya ke cone yang ada dihadapnnya, salah satu orang dari kelompok itu
menendang bola dengan instruksi wasit apakah menendang menggunakan kaki dalam,
luar atau punggung.
e) Sedangkan
kelompok yang kalah atau ketinggalan, segera salah satu orang dari kelompoknya
menjaga gawang agar lawan tidak dapat skor.
f) Kelompok
atau tim yang kalah akan dihukum push up 10 kali.
ü Konfirmasi
·
Guru mengoreksi dari semua siswa yang
melakukan.
·
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
terhadap apa yang sudah dipelajari.
·
Siswa diberi kesmpatan mengenai
kesulitan yang dihadapi dan guru menjelaskan.
3.
Penutup
( 10 menit )
1. Pendinginan
·
Siswa membentuk lingkaran dan saling
berhadapan.
·
Siswa berhitung dan setiap bilangan
ganjil harus melompat sambil berteriak
·
Apabila ada siswa yang melakukan
kesalahan maka siswa yang melakukan kesalahan harus berjoget di tengah.
2. Evaluasi
mengenai hasil pembelajaran yang sudah dilakukan.
3. Berdoa
dan membubarkan siswa.
G.
Alat
dan Sumber Belajar
1.
Alat
Pembelajaran :
·
Lapangan
·
Kun
·
Bola
·
Peluit
·
Jam tangan
2.
Sumber
Belajar :
·
Internet
·
Buku pegangan guru dan siswa sma kelas X
H.
Penilaian
1.
Penilaian
Sikap
Selama
proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan
proses pembelajaran. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran yaitu
bertanggung jawab, sportif, dan disiplin.
Keterangan :
Beri tanda (v) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta
ujian menunjukan atau menampilkan yang diharapkan. Perilaku yang di cek
mendapat poin satu.
RUBRIK
PENILAIAN
SIKAP
DALAM PEMBELAJARAN ( Afektif )
Aspek
yang diukur
|
Deskripsi
yang diukur
|
BT
(1)
|
MT
(2)
|
TN
(3)
|
1.
Disiplin
|
Hadir
tepat waktu
|
|||
Mengikuti
seluruh proses pembelajaran
|
||||
Selesai
tepat waktu
|
||||
2.
Kerja sama
|
Bersama-sama
menyiapkan peralatan
|
|||
Mau
memberi saran pada temannya
|
||||
Mau
bekerjasama dengan temannya
|
||||
3.
Tanggung jawab
|
Mau
mengakui kesalahan yang dilakukan
|
|||
Tidak
mencari-cari kesalahan teman
|
||||
Mengerjakan
tugas yang diterima
|
Keterangan :
a. BT : Belum Tampak
b. MT
: Mulai Tampak
c. TN : Tampak Nyata
Nilai = Jumlah
skor yang diperoleh X 30
Jumlah skor maksimal
Jumlah skor maksimal
2.
Penilaian
Pengetahuan ( Kognitif )
Jawab
secara lisan atau tulisan, yang mengenai
gerakan dribling pada sepak bola.
No
|
Pertanyaan
|
Kriteria Persekoran
|
Jumlah
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
Jelaskan
apa itu shooting !
|
|||||
2.
|
Sebutka
macam-macam shooting !
|
|||||
3.
|
Jelaskan
macam-macam perkenaan kaki saat shooting !
|
|||||
4.
|
Jelaskan
latihan-latihan yang dapat dilakukan agar dapat melakukan shooting dengan
baik dan benar !
|
Keterangan :
1.
Skor 4 : jika peserta didik mampu
menjelaskan tiga indikator.
2.
Skor 3 : jika peserta didik mampu
menjelaskan dua indikator.
3.
Skor 2 : jika peserta didik mampu
menjelaskan satu indikator.
4.
Skor 1 : jika peserta didik tidak
satupun dapat menjelaskan pertanyaan yang diajukan.
Keterangan :
Penilaian terdapat
kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai 1 sampai 4.
Nilai = Jumlah
skor yang diperoleh X 30
Jumlah skor maksimal
Jumlah skor maksimal
3.
Penilaian
Ketrampilan
Analisis mengenai gerakan dribling pada
sepak bola.
a. Menyusun
kisi-kisi Instrument penilaian gerak
Menganalisis
perkenaan kaki pada shooting
|
a.
Kaki bagian dalam
|
-
Badan menghadap sasaran di belakang bola, kaki
tumpu berada disamping bola kurang lebih 15cm, ujung kaki mengadap sasaran,
kaki ditarik kebelakang dan ayunkan kedepan, setelah terjadi benturan
dilanjutkan dengan follow trow.
-
Pandangan saat menendang fokus mengarah kan bola
ke gawang
|
·
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan
benar.
·
Skor 3, jika tiga uraian dilakukan dengan benar.
·
Skor 2, jika dua uraian gerak yang dapat
dilakukan.
·
Skor 1, jika satu uraian gerak yang dapat
dilakukan
|
b.
Kaki bagian luar
|
-
Posisi dibelakang bola, kaki tumpu disamping
belakang bola 25cm, ujung kaki menghadap kesasaran, dan lutut sedikit
ditekuk. Kaki tendang dibelakang bola, dengan ujung kaki mengadap ke dalam.
Lalu kaki ditarik kebelakang dan
ayunkan kedepan. Perkenaan bola tepat di punggung kaki bagian luar dan tepat
pada tengah-tengah bola, gerakan lanjutan kaki tendang diangkat serong kurang
lebih 45 derajat menghadap sasaran.
-
Pandangan saat menendang fokus mengarah kan bola
ke gawang
|
||
c.
Kaki bagian punggung
|
-
Badan dibelakang bola sedikit condong kedepan,
kaki tumpu diletakan disamping bola dengan ujung kaki menghadap sasaran, kaki
sedikit ditekuk. Kaki berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap
kedepan/sasaran. Perkenaan bola tepat pada punggung kaki penuh dan tepat pada
tengah-tengah bola. Gerakan lanjutan kaki tendang diarahkan dan diangkat kearah sasaran.
-
Pandangan saat menendang fokus mengarah kan bola
ke gawang
|
RUBRIK
PENILAIAN KETRAMPILAN SHOOTING ( PSIKOMOTOR )
No
|
Nama peserta didik
|
Awalan
|
Pelaksanaan
|
Jumlah Skor
|
||||||||||||||||||||||
Kaki Dalam
|
Kaki Luar
|
Punggung Kaki
|
Kaki Dalam
|
Kaki Luar
|
Punggung Kaki
|
|||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
Keterangan :
a.
Skor 4 : apabila ada empat indikator
yang dilakukan benar.
b.
Skor 3 : apabila ada tiga indikator yang
dilakukan benar.
c.
Skor 2 : apabila ada dua indikator yang
dilakukan benar.
d.
Skor 1 : apabila ada satu indikator yang
dilakukan benar
Nilai = Jumlah
skor yang diperoleh X 40
Jumlah skor maksimal
Jumlah skor maksimal
NILAI
AKHIR = NILAI SIKAP + NILAI PENGETAHUAN + NILAI KETRAMPILAN
Mengetahui,
|
Semarang, 21 Oktober
2016
Praktikan
|
|
Muhlisin, M.Pd
|
Muhammad
Chamim
|
|
NIP.
19800907 200812 1 002
|
NIM. 148010024
|
Hey sob...
ReplyDeleteBlogwalking siang ni...
Kebetulan lagi cari2 artikel soal sepakbola, nemu artikel ini.
Tulisannya bermanfaat.
Semoga sudi berkunjung balik ke sini ya sob...
cara downloadnya gimana?
ReplyDeleteDEPOSIT PULSA & OVO
ReplyDeleteDewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yang merupakan master bandar master bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di zeusbola.
Sbg Perutusan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan kongsi Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh presiden Isle of Man kepada beroperasi sbg juru taruhan latihan jasmani sedunia.
https://dewazeus.site/tips-penting-memilih-agen-poker-online-deposit-via-pulsa-terpercaya/
https://dewazeus.site/situs-poker-online-deposit-via-pulsa-termurah-hanya-25rb/
livechat wa zeusbola
promo sabung ayam s128
Kunjungi juga link alternatif maxbet nova88 maxbet link, main langsung maxbet nova88.